...

Welcome to Indonesia, Honda PCX Hybrid!!


Hai fellas. Kita semua sudah tau dong ya kalau Honda baru saja mengelurakan produk terbarunya untuk meramaikan apsar Indonesia, yaitu Honda PCX Hybrid. Motor yang memiliki body engga jauh beda dari PCX 150eSP bermesin Konvensional. Lalu apa yang membuat motor ini istimewah?


Diluar harganya yang memang bisa dikatakan wow, ternyata Honda juga tidak ngasal dalam memasang spesifikasinya. Yoi. Motor yang udah disisipi teknologi Hybrid ini ternyata cukup canggih guys. Meskipun teknologi Hybridnya lebih simpel ketimbang mesin-mesin Hybrid papan atas, namun bukan berarti teknologi nya asal-asalan. Jujur saja saya kurang begitu ngerti tentang sistem mesin Hybrid. Cuman yang bisa saya baca dari beberapa sumber, mesin PCX Hybrid ini katanya berperan sebagai ‘Motor Assist’, yang mana sangat membantu dalam akselerasi dan tenaganya. Istilahnya untuk boost engine. Konon sih Honda mengklaimnya dapat menamgbah tenaga hingga 1,9 HP dan torsi sebesar 4,3 N.m di putaran mesin rendah, dan boost engine tersebut hanya berlangsung selama 3 detik saja.


3 detik? Sebentar banget fungsinya? Jangan salah ya guys, karena ketika telah digunakan, sistem ‘boost engine’ tersebut bakal me-recharge sehingga ketika akan digunakan kembali untuk berakselerasi, ‘boost engine’ tersbut sudah siap. Kurang lebih begitu. Setelah ‘boost engine’ terebut tidak aktif, maka selanjutnya mesin konvensional 150 cc eSP yang nyantol pada Honda PCX Hybrid yang akan bekerja. Sama seperti pada Honda PCX biasa. Lah terus apa bedanya dong?

Bedanya ya tadi. Ketika akselerasi maka yang digunakan adalah teknologi Hybridnya. Sehingga injektor tidak menyemprotkan cairannya ke ruang bakar (yang mana memerlukan bahan bakar yang tidak sedikit) melainkan digantikan oleh teknologi Hybrid tersebut. Efeknya? Klaim Honda, konsumsi BBM PCX Hybrid ini bisa lebih irit sebesar 3% dibandingkan PCX bermesin 150cc biasa. Begitu kurang lebihnya guys. 

Jadi bisa dibilang meskipun motor ini baru dibekali teknologi Hybrid yang masih sederhana, tapi cukup lah untuk membuat sejarah baru bagi roda dua di Indonesia yaitu Motor pertama di pasar Indonesia yang menggunakan teknologi Hybrid. Dan yang pasti, kedepannya Honda tidak perlu repot-repot lagi melakukan riset untuk menciptakan mesin Hybrid apabila ingin mengaplikasikannya juga di Motor yang lain. Imbasnya bisa saja kedepannya motor-motor Honda yang sudah berteknologi Hybrid bisa dibandrol lebih terjangkau lagi karena riset yang mereka lakukan tidak haru sdari nol lagi.



Well, selamat bagi Honda yang sudah berhasil menciptakan motor bermesin Hybrid, dan terimakasih juga untuk Honda karena sudah memberikan Inovasi tiada henti (loh wkwkwk) untuk perkembangan roda dua di tanah air. Menjadi first mover di beberapa teknologi roda dua, memang Honda layak untuk diapresiasi. Saya bukan seorang FBH atau bayaran Honda. Saya hanya seorang penikmat roda dua yang sangat menghargai akan sebuah inovasi teknologi pada sepeda motor. Dan Honda selalu berhasil menciptakan hal-hal yang baru. Kalau kalian memang orang yang netral, kalian juga baka setuju dengan apa yang saya ucapkan. Disamping Yamaha juga telah menjadi first mover dalam menciptakan beberapa inovasi seperti teknologi mesin SOHC 4 katup dan mesin 150 berteknologi variable valve yang menjadi teknologi baru dan pertama kali di pasar roda dua Indonesia.