...

Akankah dimasa depan Motor Sport menggunakan beberapa fitur pada motor Matic?

Maksud dari judul diatas apa? Maksudnya fitur transmisi otomatis? Eitsss. Bukan itu loh sob yang dimaksud. Melainkan fitur-fitur yang lainnya. Kan namanya juga motor Sport, masa diubah jadi transmisi otomatis sih?


Yap. Dunia ini memang cepet banget perkembangan teknologinya sob. Saya inget betul, kurang lebih sekitar 10 tahun lalu ketika Honda pertama kali mencangkokkan fitur side stand switch (atau apalah itu namanya) pada motor matic pertama mereka yaitu Honda Vario karbu, saya merasa bahwa apa yang Honda lakukan pada motor produksi masal mereka di tanah air adalah sebuah lompatan teknologi yang amat sangat hebat. Ingat ya, 10 tahun lalu bro, berarti sekitar tahun 2007-2008 an.  Hal yang tidak akan kita temui di matic milik Yamaha dan Suzuki pada saat itu. Dan pada saat itu, menggunakan Honda vario dan ketika di standarkan langsung mati adalah sebuah ke banggan tersendiri yang HQQ. Wkwk. Tau kan alasannya kenapa? Yap. Karena pada saat itu, segmen matic masih dikuasai oleh Yamaha dengan Mio series nya. 

Kemudian pada tahun 2012 (CMIIW), Honda (lagi-lagi) menggebrak pasar tanah air dengan menghadirkan mesin yang lebih advanced pada Honda Vario 125. Mesin yang advanced yang sudah dibekali dengan Idling Stop System. Ituloh yang kalau berhenti motornya langsung mati. Lalu kemudian berkembang lagi dengan hadirnya teknologi eSP yang mana ketika mesin motor dihidupkan tidak akan ada suara cekrekekekek lagi. Smooth banget suara ketika menghidupkan mesinnya.

tapi kali ini bukan sejarah honda yang akan kita bahas wkwk, melainkan apakah teknologi-teknologi yang disebutkan diatas (yang saat ini hampir semua motor matic sudah mengadopsinya) suatu saat akan merambah juga pada motor sport (at least motor sport 150cc)?

Sebenarnya cukup sulit yaa untuk menjawabnya. Karena kita tahu konstruksi mesin motor sport tidak seama dengan motor matic. Sehingga untuk menghadirkan fitur-fitur tersebut juga dibutuhkana riset lagi yang cukup lama. Tapi, yang namanya manusia tidak akan pernah berhenti untuk mencoba dalam menghadirkan sebuah inovasi baru. Apalagi dengan adanya persainga, pasti pabrikan saling berlomba untuk menghadirkan fitur-fitur terbaik pada sepeda motornya. Sehingga, motor sport menggunakan teknologi seperti side stand switch, ISS, dan eSP selalu terbuka lebar untuk dihadirkan. Tergantung beberapa faktor juga. yang mana salah satunya adalah riset yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan juga harga jual ke pasarannya yang mungkin akan sedikit lebih melambung tinggi.

Sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, karena pasti ada saja orang yang berhasil melakukan inovasi-inovasi yang mungkin sat ini menurut kita engga mungkin. Well, mudah-mudahan aja kedepannya ada ya motor sport yang kaya brgitu. Kayanya mantep gitu kalau ada wkwk... (maniac)