...

Mau bertarung dikelas skutic 150cc premium? Ini yang harus disiapkan oleh calon skutic premium Suzuki!



Hallo fellas! Suzuki tahun ini memang lagi gencar-gencar nya dalam meluncurkan produk baru. Seperti niatan merka untuk “bangkit” di tahun ini, memang sepertinya akan benar-benar diwujudkan. Dibawah kepemimpinan Seiji Itayama, PT. SIS akan meluncurkan banyak produk baru ditahun ini. Dan salah satunya adalah Skuter matic premium untuk melawan Yamaha Nmax dan calon PCX lokal.


Yap! Saat ini zaman emang udah beralih ke zaman yang serba praktis dan mudah. Contoh kecilnya adalah penggunaan sepeda motor yang bertransmis non-manual alias matic, yang mana pengendaranya gausah cape-cape buka nutup trothle gas dan tarik ulur tuas kupling. Tinggal di puter throtle gas nya, motor sudah bisa melaju.
Daaaaaannnn zaman sekarang pun konsumen yang kasarnya “punya uang lebih”, gamau sembarangan untuk memilih motor maticnya. Mereka pun memilih matic dengan model ala-ala eropa! Tujuannya apa? Ya gengsi coyyyy. Tujuan utama membeli motor sudah bukan lagi untuk transportasi, tapi udah menjadi ajang show off, gengsi, dan ajang memperlihatkan kelebihan yang dimiliki motornya.
Lantas, apa saja sih yang wajib diperhatikan Suzuki pada motor skutik premium mereka nantinya? Yuk kita bahas bareng-bareng aja! Lets gow!
  1. Mesin yang Advance

Kenapa poin yang paling pertama saya tulis adalah mesin? Karena bagaimanapun juga ketika tampilan motor udah ketje badai tapi performa dari mesinnya engga banget, bukan tidak mungkin konsumen akan beralih ke produk lain yang punya mesin dengan performa mantap, namun desain... ya yang mantap juga wkwkwk. Karena bagaimana pun, nilai jual utama dari sebuah sepeda motor adalah mesinnya! Tanpa ada mesin? Mau maju gimana bro? Mau di kayuh? Hehe just kidding. Tapi beneran loh!
Balik lagi ke soal mesin.. coba sejenak kita berandai-andai yang masih masuk logika. Misal mencangkokkan mesin SOHC 4 valve dengan “meniru” sedikit yamaha yaitu menggunakan embel-embel variable valve? Hmm bukan hal yang mustahil bagi pabrikan sebesar Suzuki. Atau berandai-andai agak diluar logika, misal mencangkokkan mesin Satria FU injeksi sekalian? Dengan mesin yang katanya “Real DOHC”, juga bukan hal yang mustahli dilakukan oleh Suzuki. Kalian yakin? Saya mah ngga yakin kalau matic 150cc bakal pake mesin DOHC haha. Secara, 150cc 4 tak mah gak begitu mantep-mantep banget kalau diajak buat betot-betotan gas. Apalagi matic. Dan Suzuki pun akan memikirkan hal tersebut berulang kali.
  1. Fitur-fitur yang Ketje

cuma ilustrasi yaa hehe



Seperti yang sudah disebutkan diatas, kalau saat ini tujuan utama memiliki sepeda motor itu bukan hanya untuk transportasi semata, tapi ajang show off dan gengsi. Terlebih dikelas matic gambot / bigscoot. Mau nge show off apa kalau misalnya fitur-fiturnya aja gaada? Mau pamerin mesin? Ini matic loh, bukan sport apalagi sport fairing! Wkwk.
Kembali ke masalah fitur.. fitur-fitur yang kece bisa saja seperti Keyless, Lempu full LED, atau bahkan mungkin TBW. Mengapa tidak? Justru fitur-fitur seperti itu yang perlu diperhatikan oleh Suzuki.
Ya setidaknya kalaupun pabrikan gabisa ngasih fitur-fitur yang lengkap, kasihlah fitur-fitur yang kece  yang bisa bikin oarang berkata wow atau bahasa lainnya, ada wow effect yang diberikan dari motor ini. Itu yang bakal menjadi nilai plus yang lain dari sebuah produk sepeda motor!
  1. Desain yang mantap, dan tidak oldstyle

Suzuki Burgman 400



Mungkin semua tau ya kalau soal desain Suzuki bukanlah jagonya. Namun setidaknya desainer Suzuki juga harus memahami dan mengerti desain yang diinginkan oleh konsumen di tanah air. Kalau SIS sudah tahu akan hal tersebut, setidaknya mereka juga akan mendesain motornya sesuai dengan keinginan pasar. Dan sudah harusnya pabrikan yang mengikuti keinginan pasar. Bukan sebaliknya
  1. Harga yang bersahabat
Naaaahh ini dia. Kembali lagi ke masalah pricing. Disinilah hal yang paling krusial dari sebuah produk khususnya speda motor. Karena kebanyakan konsumen ingin fitur lengkap, kualitas bagus, tapi harga miring. Pabrikan harus berhati-hati dalam meracik harga produknya. Salah-salah bisa membuat produk yang dijual bukannya laku, tapi malah sebaliknya dikarenakan overprice. Tengok saja PCX yang dulu statusnya masih impor dari vietnam. Fitur-fitur cukup lengkap sih tapi ga lengkap banget juga. Satu tingkat diatas standar lah. Tapi harganya? Membengkak banget. Hasilnya? Ga selaris Nmax kan? Tapi untung aja sekarang udah di lokalkan yaa PCX nya wkwk.
back to the poin. Jadi intinya, Suzuki memang harus benar-benar berhati-hati dalam masalah harga. Namun belakangan ini Suzuki selalu memberi kejutan masalah harganya. Yakni harga yang cukup murah, bersahabat dan aman bagi dompet. wkwk. semoga aja sesuai ekspektasi yaa.

Well, mungkin itu hanyalah pemikiran liar semata. Namun meskipun bersifat “liar” tapi saya coba untuk menjadikan pemikiran tersbut masuk akal. Karena pemikiran yang ngasal juga ngga bagus tho? Semoga saja Suzuki segera menelurkan produk yang satu ini. Agar pertarungan di kelas skutik premium 150cc lebih ramai dan tidak melulu di dominasi oleh dua produk saja. Dan agar konsumen juga diuntungkan karena memiliki pilihan yang banyak..