...

Akankah calon Suzuki Bandit 150 menggerogoti pasar saudaranya, GSX-S 150?


Hai Fellas.. Lagi, dan lagi. Suzuki lagi-lagi ingin membuat kejutan berupa peneluran produk baru yang tentunya akan menambah varian dan juga pilihan bagi konsumen roda dua di tanah air. Dan isu terbaru mengatakan bahwa Suzuki sedang mempersiapkan sebuah motor 150cc yang bergenre naked bike. Loh? Bukannya untuk genre naked bike sudah ada GSX-S150 ya? Yoi. Benar sekali. Tapi kali ini merupakan naked bike yang sedikit berbeda dari GSX-S 150. Apa itu?? Yap!! Suzuki Bandit 150!!

Kalau kalian rajin mengikuti perkembangan otomotif saat ini, pasti tidak akan begitu kaget dengan kenyataan bahwa Suzuki akan menghadirkan sosok naked bike lain selain GSX-S. Dan konon katanya motor ini merupakan bentuk "penyempurnaan" dari sang naked gixxer. Bentuk penyempurnaan gimana maksudnya?
Seperti jok yang akan direvisi bentuknya menjadi lebih nyaman dan menyatu, tidak split seat seperti GSX-S sekarang. Lalu lampu depan yang juga akan di revisi dan konon memiliki bentuk yang lebih membulat/oval. Tapi bukan revisi nya yang akan kita bahas kali ini, melainkan potensi dari sang Bandit itu sendiri.
Well, menurut opini saya pribadi, yang namanya varian produk itu harus ada. Mengapa? Agar konsumen memiliki banyak pilihan untuk membeli dan produsen pun memiliki banyak pilihan produk untuk dijual. Namun, yang harus diperhatikan juga oleh produsen ketika akan melakukan variasi produk, harus terdapat pembeda dari satu varian ke varian lain.
Kembali lagi ke judul. Menurut saya, Suzuki Bandit tidak akan menggerogoti pasar saudaranya, yaitu GSX-S 150, apabila suzuki melakukan perubahan juga pada sang GSX-S. Ubahan apa? Ya jangan dulu ubahan major lah. Facelift aja udah bagus. Misal (ketika nanti si Bandit udah lahir), mengganti juga lampu depannya yang sedikit nyeleneh menjadi bentuk yang lagi disukai pasar saat ini. Minimal mengikuti Bandit yang katanya bakal punya lampu rada lonjong. Kalau bisa sih, lebih baik sekalian saja lampu bulat, LED, dan kalau bisa pake DRL yang bulat juga ala scoopy. Ganteng? Sepertinya begitu sob. Dan jangan lupa, jok juga dibuat lebih bersahabat. Ingin tetap split seat? Mangga, tapi siap-siap saja berakhir seperti Yamaha Xabre yang juga penjualannya kurang mentereng (padahal punya desain yang cakep pol).

Saya yakin, kalau memang Suzuki ingin bangkit dan ingin tetap penjualannya mentereng (khususnya si GSX-S) dan tidak di gerogoti oleh saudara kandungnya, ya Suzuki pun harus membenahi motornya. MINIMAL ganti lampu aja dulu. Udah. Karena yang masih jadi permasalahan adalah bentuk lampunya yang engga banget.


Well, Pembahasan diatas bukan lah sebuah jaminan. Namun setidaknya, dengan minimalnya melakukan revisi pada bagian head lamp menjadi lebih mainstream atau lebih wajar dan enak dipandang, Suzuki GSX-S 150 akan tetap hidup bahagia beriringan denan Bandit 150. Kita tunggu saja geliat dari Suzuki selanjutnya 😃. Selamat beraktivitaasss (maniac)